BudayaNewsSejarah

Serba Serbi Aneka Perlombaan HUT RI Ke-74 Tahun 2019 di Aceh, No 5, 6 dan 8 paling gokil!!!

Serba Serbi Aneka Perlombaan HUT RI Ke-74 Tahun 2019 di Aceh, No 5, 6 dan 8 paling gokil!!!

 

Serba Serbi Perlombaan HUT RI 74 Tahun 2019 di Aceh No 5 paling gokil!!! Negara Republik Indonesia Pada Tanggal 17 Agustus 2019 berulang tahun ke-74 Kemerdekaannya. 17 Agustus merupakan hari yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Karena pada hari itu Indonesia menyatakan kemerdekaannya dan bebas dari para penjajah serta awal mula berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, setiap tanggal 17 Agustus bangsa kita memperingati sebagai Hari Proklamasi Republik Indonesia.

Peringatan Kemerdekaan RI selalu dilaksankan serentak pada 17 Agustus dan digelar dengan meriah. Ada banyak aktivitas yang dilaksanakan oleh masyarakat saat 17 Agustus. Banyak aktivitas yang diselenggarakan selama bertahun-tahun dan berubah menjadi sebuah tradisi. Setiap daerah juga memiliki cara yang berbeda untuk merayakan kemerdekaan

Diseluruh pelosok Negeri ikut memeriahkan HUT RI ke-74 ini. Begitupula dengan Aceh, yang merupakan bagian dari Negara Republik Indonesia ini. Disetiap daerah di aceh menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 dengan mengadakan berbagai macam perlombaan. Mulai dari usia muda hingga dewasa ikut menyemarakkan HUT RI ke-74 ini.

Berikut serba-serbi aneka perlombaan HUT RI Ke-74 Tahun 2019 Di Aceh, No 5 Paling Gokil!!!

1. Karnaval/Pawai Budaya

Serba Serbi Aneka Perlombaan HUT RI Ke-74 Tahun 2019 di Aceh, No 5, 6 dan 8 paling gokil!!!
Serba Serbi Aneka Perlombaan HUT RI Ke-74 Tahun 2019 di Aceh, No 5, 6 dan 8 paling gokil!!!

Disetiap daerah di Aceh melakukan kegiatan Karnaval Budaya, yang mana setiap peserta menggunakan berbagai macam pakaian adat yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Peserta Karnaval Ini berasal dari setiap sekolah yang ada di Aceh, Mulai dari TK, SD/MI, SMP/MTSN dan SMA/Aliyah. Karnval ini dilaksanakan dengan berjalan kaki dengan mengelillingi Kota disetiap daerah.

2. Lompat Karung

Lompat Karung, Stadion Lhong Raya Banda Aceh
Lompat Karung, Stadion Lhong Raya Banda Aceh

Lompat karung dilaksanakan dengan menggunakan karung, setelah itu peserta melompat ke arah titik finish yang telah disiapkan oleh Juri. Lompat karung ini diikuti oleh anak-anak maupun orang dewasa.

3. Panjat Pohon Pinang

Panjat Pohon Pinang
Panjat Pohon Pinang

Panjat pinang biasanya dilakukan dengan 2 tim, para peserta diwajibkan untuk panjat pohon pinang yang sudah dilumuri dengan oli maupun gemok. Hal itu dilakukan untuk melicinkan pohon pinang. Diatas pohon pinang tesebut telah disiapkan berbagai macam hadiah. Bagi tim yang berhasil meraih duluan ke atas pohon pinang tersebut, maka tim tersebutlah yang berhak mendapatkan hadiah tersebut.

4. Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk oleh anak-anak
Lomba Makan Kerupuk oleh anak-anak

Makan Kerupuk ini adalah perlombaan yang sangat ceria, karena para peserta yang mengikutinya diwajibkan memakan kerupuk yang telah disediakan oleh panitia. Bagi peserta yang berhasil menghabiskan kerupuk tercepat, maka dialah yang menjadi juara pertama.

5. Rapai Geleng

Rapai Geleng, Aceh Barat Daya
Rapai Geleng, Aceh Barat Daya

Pada tahun 2019 ini, HUT RI ke-74 dimeriahkan dengan dilakukannya pertunjukan Rapai Geleng yang dilaksanakan di Aceh Barat Daya (ABDYA). Rapai Geleng ini dilakukan dengan jumlah peserta 2019, sesuai dengan tahun HUT R1 Ke-74 Tahun 2019 ini. Rapai Geleng ini dilakukan oleh perwakilan pemuda di 152 desa yang ada di Aceh Barat Daya

6. Lomba Seumeupeh

Lomba Seumeupeh
Lomba Seumeupeh

Dalam menyambut HUT RI Ke-74, sekolah Sukma Bangsa Kabupaten Pidie melakukan lomba Seumeupeh. seumeupeh adalah alat penggilingan bumbu dapur secara tradisional atau warga sering menyebut batee seumeupeh (batu penggilingan). Peserta yang ikut merayakannya diikuti oleh Guru dan karyawan sukma bangsa tersebut.

7. Kupas Kelapa

Kupas Kelapa, Adat Aceh
Kupas Kelapa, Adat Aceh

Pada tahun 2019 ini pula, dilakukan perlombaan daerah yang berupa kupas kelapa yang dilakukan oleh Universitas Malikussaleh. Dalam kesempatan ini, peserta yang mengikuti perlombaan ini adalah seluruh Civitas Akademika, dosen, mahasiswa dan juga masyarakat yang ada diseputaran kampus tersebut.

8. Kukur Kelapa

Kukur Kelapa, Rektor Unimal dan Civitas Akademika
Kukur Kelapa, Rektor Unimal dan Civitas Akademika

Bukan hanya kupas kelapa, akan tetapi Universitas Malikussaleh juga melakukan perlombaan kukur kelapa. Ikut pula Rektor Unimal dan civitas akademika untuk memeriahkan HUT RI tahun ini.

9. Belah Buah Pinang

Lomba Belah Buah Pinang
Lomba Belah Buah Pinang

Disamping itu, ada juga perlombaan belah buah pinang dalam rangka HUT RI Ke74 yang dilakukan oleh Unimal. Belah pinang sendiri adalah salah satu aktifitas masyarakat aceh untuk membelah pinang yang akan digunakan untuk makan bersama sirih.

10. Tarik Tambang

Tarik Tambang
Tarik Tambang

Tarik tambang juga merupakan aneka perlombaan yang seru untuk diikuti oleh sejumlah masyarakat. Tarik tambang ini dilakukan oleh dua regu, regu yang berhasil menarik regu lawan merupakan regu yang dapat juara. Biasanya diikuti oleh 5-7 orang dalam satu regu.

Itulah deretan serba serbi aneka perlombaan HUT RI Ke-74 yang ada di Aceh.

Tags
Show More
Below Article Ad

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker