BudayaNews

Pilih Gadis Aceh Atau Gadis Suriah, Akhirnya Pemuda Ini Memilih…!!!

Pilih Gadis Aceh Atau Gadis Suriah, Akhirnya Pemuda Ini Memilih…!!!.

 

Pilih Gadis Aceh Atau Gadis Suriah, Akhirnya Pemuda Ini Memilih…!!!- Pernikahan merupakan suatu moment yang sangat sakral bagi setiap orang yang melakukan pernikahan tersebut. Pernikahan sendiri memiliki arti bersatunya dua insan manusia yang saling mencintai dan menyanyangi untuk mengikatkan suatu ikatan yang lebih kuat dalam bentuk keluarga.

Namun, seringkali pernikahan itu batal dilakukan dikarenakan berbagai faktor pemicunya, diantaranya yaitu mengenai jumlah mahar.  Akan tetapi berbeda halnya yang dilakukan oleh seorang pemuda asal Aceh yang menikahi gadis asal suriah dengan mahar hafalan 500 hadist.

Pilih Gadis Aceh Atau Gadis Suriah, Akhirnya Pemuda Ini Memilih...!!!
Pilih Gadis Aceh Atau Gadis Suriah, Akhirnya Pemuda Ini Memilih…!!!

Dia adalah Munawar Juanan Raden, Staf KBRI di Damaskus, Suriah. Munawar adalah pria asal aceh yang selama ini bekerja di kantor KBRI Suriah.

Munawar Juanan Raden akhirnya memilih menikahi gadis suriah yang merupakan pujaan hatinya yang bernama Douha Muawiyah Kharraji. Pernikahan tersebut dilaksanakan pada Tanggal 3 Mei 2016 yang lalu, yang berlangsung di Aula KBRI Damaskus.

Resepsi pernikahan tersebut dihadiri langsung oleh Duta besar RI untuk Damaskus, staf KBRI, mahasiswa, masyarakat, dan juga keluarga kedua mempelai. Bukan tangung-tanggung, mahar yang diberikan oleh Munawar untuk calon istri adalah hafalan 500 hadist. Tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa dan sangat menyentuh hati bagi sang calon istri. Karena pada umumnya mahar untuk pernikahan berupa seperangkat alat shalat, perhiasan ataupun benda-benda lainnya.

Munawar Juanan Raden dan Para Keluarga
Munawar Juanan Raden dan Para Keluarga

Pemberian mahar dalam perkawinan tidak dapat dipisahkan dari tradisi perkawinan pinang dalam masyarakat Arab pra-Islam. Pada masa itu, seorang laki-laki yang ingin meminang seorang perempuan harus melalui seorang laki-laki yang menjadi wali atau anak perempuannya sendiri, dan laki-laki yang bersangkutan memberikan mahar kepada wali, kemudian menikahinya.

Munawar Juanan Raden dan Calon Istri Douha Muawiyah Kharraji
Munawar Juanan Raden dan Calon Istri Douha Muawiyah Kharraji

Kisah Pemuda Aceh Yang Nikahi Gadis Suriah Dengan Mahar Hafalan 500 Hadist tersebut di atas tentu saja sangat langka di Aceh. Aceh yang notabene maharnya adalah berupa mayam yang identik dengan emas/perhiasan.

Istilah Mayam sendiri adalah merujuk kepada semacam takaran emas yang berlaku di masyarakat Aceh. Lantaran Mayam adalah takaran emas, jadi nilainya pun nggak pasti. Tergantung nilai emas berapa, kalau harganya naik Mayam pun naik dan sebaliknya. Mengenai mahar di Aceh, nilai mahar di Aceh merupakan simbol kehormatan keluarga baik dari pihak wanita maupun pihak lelaki.

Perbedaan mahar antar gadis suriah dan gadis aceh adalah tidak ada batas minimal dan maksimal pada ketentuan jumlah mahar, setelah itu status kepemilikan mahar mutlak menjadi kepemilikan calon istri, selanjutnya ketentuan mahar juga berdasarkan status sosial calon istri, yang yang paling utama adalah jenis mahar yang diberikan menurut Sya’ra’ sah dijadikan mahar. Sedangkan yang menjadi perbedaannya adalah, bagi wanita suriah mahar yang diberikan oleh calon suami tidak harus berupa mayam emas, akan tetapi dapat berupa uang, barang lainnya ataupun sesuai dengan kesepakatan kedua calon mempelai tersebut.

 

Tags
Show More
Below Article Ad

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker