Kuliner

Makanan Khas Aceh Yang Unik dan Menggiurkan

Makanan Khas Aceh Yang Unik dan Menggiurkan

Makanan Khas Aceh Yang Unik dan Menggiurkan– Aceh merupakan bagian paling barat dari negara tersebut, Provinsi yang langsung menghadap Samudera Hindia memiliki berbagai keunikan dalam budaya dan kuliner. Karakteristik kulinernya identik dengan rasa pedas dan bumbu yang kaya, serta makanan ringan dan minuman yang lezat, membuat makanan dan minuman khas Aceh adalah salah satu hal yang tidak bisa dilupakan ketika mengunjungi provinsi yang dijuluki Serambi Mekah.

Provinsi Aceh, merupakan wilayah Kerajaan Islam tertua di Nusantara, selain memiliki budaya Islam yang kuat dan unik, juga memiliki keunikan dalam hal kuliner yang akan menjadi favorit anda jika telah mencicipinya. Mungkin hampir semua orang tidak akan membantah kenikmatan dari rasa makanan dan minuman Aceh yang mengunggah rasa ini. Berikut adalah beberapa makanan khas Aceh yang sering dibicarakan orang.

1. Mie Aceh
Jika berbicara tentang masakan khas Aceh, hal pertama yang mungkin datang ke pikiran kita adalah Mie Aceh. Mie kuning yang dikenal dengan rasa pedas, merupakan salah satu hal yang harus dicicipi saat berkunjung ke Aceh.

Makanan Khas Aceh Yang Unik dan Menggiurkan
Makanan Khas Aceh Yang Unik dan Menggiurkan

Mie ini biasanya disajikan dengan merebus atau digoreng, dan disajikan dengan sup kari pedas yang gurih, umumnya diberi irisan daging seperti daging kambing atau daging sapi, atau jika dapat ditambahkan ke makanan laut seperti kepiting, udang, atau cumi. Mie Aceh akan semakin lengkap jika disajikan dengan dilengkapi Kerupuk Mulieng.

2. Kuwah Beulangöng
Kuwah beulangöng atau sering dieja sebagai beulangong merupakan simbol makanan persatuan, kebersamaan, dan perkumpulan masyarakat Aceh. Sejenis kambing Gulai tetapi biasanya juga menggunakan daging sapi yang dicampur dengan nangka muda dan bumbu lainnya, dan dimasak menggunakan kuali besar. Biasanya kuah Beulangong dimasak pada hari Islam dan hari istimewa lainnya.

3. Kuah Asam Keu’eueng
Bagi pecinta seafood, ada juga kuah asam keu-Eueng atau biasa dikenal dengan nama Tamarind-a-Sour. Daging ikan dimasak dengan kuah asam pedas bisa menjadi menu favorit baru bagi pecinta seafood. Secara historis, pada zaman kuno orang Aceh mengonsumsi asam keu-Eueng tidak hanya sebagai menu makanan saja, namun kandungan yang terkandung dalam kuah asam keu-Eueng juga dapat dipercaya untuk menyembuhkan beberapa gejala penyakit seperti batuk, pilek, dan demam.

Unik, setiap daerah di Aceh memiliki cara penyajian dan bumbu yang berbeda. Daging ikan yang digunakan secara umum adalah ikan atau udang, dan juga jenis ikan lainnya.

4. Bu Guri
Jika datang ke Aceh dan bingung tentang apa yang harus sarapan, silakan coba nasi Guri. Bu Guri Aceh adalah sarapan favorit orang Aceh yang terbuat dari beras yang dicampur dengan santan dan berbagai bumbu seperti serai, pandan, daun salam, lengkuas, jahe, dan bumbu lainnya. Nasi gurih biasanya disajikan dengan dasar daun pisang sehingga aromanya lebih harum dan disukai.

Bu Guri Aceh
Bu Guri Aceh

Pada dasarnya, tampilan nasi, yang sangat mirip dengan nasi lemak atau nasi uduk, tapi bau nasi Guri berbeda dari jenis hidangan nasi dicampur dengan santan karena ada bumbu lain dicampur dalam nasi Guri, seperti daun jeruk dan lain-lain.

5. Kuah Sie Itek
Berbeda dengan kuliner Bebek pada umumnya, makanan dari Aceh yang satu ini memiliki resep tersendiri dengan berbagai bumbu yang membuatnya mampu memberi Anda pengalaman mengonsumsi kuliner bebek yang berbeda.

6. Ungkot Kemamah
Ungkot Kemamah adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari tuna yang telah direbus dan dikeringkan. Makanan khas Aceh kemudian diolah menggunakan santan, kentang, cabai hijau, dan berbagai bumbu untuk menghasilkan cita rasa yang menarik dan menggoda lidah.

7. Sate ApaLeh Geureugok

Sate ApaLeh Geureugok
Sate ApaLeh Geureugok

Sate Apa Leh adalah masakan khas Aceh, tepatnya dari daerah Geurugok, Gandapura. Apa yang membuat hidangan Aceh ini berbeda dengan sate lainnya adalah bentuk daging sapi yang dipanggang dengan bumbu khusus sebelum dibakar. Sate Apa Leh juga menjadi makanan pilihan wisatawan lokal yang melewati kota geurogok, baik ke Medan maupun ke Banda Aceh.

8. Kuah Pliek U
Masakan Aceh yang khusus berikutnya adalah makanan khas Aceh yang menjadi andalan buat masyarakat aceh dalam berbagai acara. Hidangan yang mengandung sayuran yang ditemukan di tanah Aceh memiliki filosofi yang mendalam. Kuah Pliek U merupakan lambang kekerabatan dan keragaman masyarakat Aceh yang dimasukkan ke dalam kuali besar.

9. Sie Reuboh
Sie Reuboh merupakan salah satu warisan kuliner khas Aceh besar dengan cita rasa khas Aceh. Terbuat dari sapi direbus dengan bumbu Aceh, Anda dapat menikmati rasa Sie Reuboh yang sangat khas.

10. Dendeng Aceh
Tidak seperti dendeng biasa yang terbuat dari daging sapi, makanan khas Aceh terbuat dari daging rusa yang diolah menjadi kering. Dengan rasa gurih yang menggiurkan.

Tags
Show More
Below Article Ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker