NewsTeknologi

Inovasi Teknologi Drone Karya Santri Samalanga Aceh Yang Sedang Viral

Inovasi Teknologi Drone Karya Santri Samalanga Aceh Yang Sedang Viral

 

Inovasi Teknologi Drone Karya Santri Samalanga Aceh Yang Sedang Viral. Saat ini Aceh lagi dihebohkan dengan penemuan inovasi teknologi Drone Karya Santri Samalanga Provinsi Aceh. Dimana Inovasi teknologi Drone yang diciptakan berupa Drone untuk Pertanian. Drone ini dirancang untuk menyiram tanaman pertanian. Drone ini diciptakan oleh Ibnu Hajar, ST. Santri Dayah Mudi Mesra, Samalanga Bireun. Lahir di Aceh Besar 8 Agustus 1987.

Inovasi Teknologi Drone Karya Santri Samalanga Aceh Yang Sedang Viral
Inovasi Teknologi Drone Karya Santri Samalanga Aceh Yang Sedang Viral

Awalnya ia hanya sekedar membuat pesawat buatan dengan barang yang sederhana, yaitu dari material pohon rumbia. Pesawat ciptaannya ini hanya sebagai mainan saja karena tidak bisa diterbangkan. Akan tetapi, mimpinya ingin menciptakan pesawat dapat direalisasikan pada saat diperkuliahan di salah satu Universitas di Banda Aceh, yaitu Unsyiah pada Jurusan Teknik Sipil. Berbagai variasi pesawat yang ia ciptakan.

Untuk sekarang ini, ia menciptakan inovasi terbaru yang sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak, khususnya masyarakat Aceh. Inovasi terbaru ini yang ia ciptakan adalah penggunaan Drone untuk pertanian. Drone ini berfungsi untuk menyiram tanaman pertanian. Dengan begitu pekerjaan pertanian dengan mudah dikerjakan dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Drone Untuk Penyiraman Tanaman Padi
Drone Untuk Penyiraman Tanaman Padi

Drone berkamera dapat memantau area pertanian dalam skala luas dengan lebih akurat dan lebih jelas dibandingkan foto citra satelit. Keakuratan gambar bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan tingkat kecanggihan alat. Semakin canggih kamera memungkinkan gambar yang didapat bisa lebih akurat dan jernih.

Drone atau pesawat tanpa awak ini dilengkapi dengan perangkat flight control autopilot menggunakan GPS serta kamera standar yang dikendalikan oleh perangkat autopilot dengan menggunakan waypoint yang sudah ditetapkan melalui ground control.

Ibnu Hajar, Perakit Drone Pertanian
Ibnu Hajar, Perakit Drone Pertanian

Drone pertanian karya Ibnu Hajar ini sangat di apresiasi oleh masyarakat. Prestasi yang didapatkan dari karya nya ini membuktikan bahwa Aceh memiliki banyak sumber daya manusia yang sangat berpontensial. Saat ini Drone sangat digemari oleh kalangan masyarakat, karena Drone dapat digunakan sebagai rekaman pada saat kita berwisata. Merekam pemandangan yang ada disekeliling kita. Namun sedikit penggunaan Drone untuk pemanfaatan bagi masyarakat luas.

Drone Pertanian
Drone Pertanian

Ibnu Hajar sudah sejak kecil memiliki bakat untuk menciptakan pesawat. Karena keinginannya untuk menciptakan pesawat bukan Karena tanpa sebab, akan tetapi karena letak rumahnya yang berdekatan dengan area Batalyon 112, Mata Ie, Puni, Aceh Besar. Dibatalyon tersebut sering turunnya Helicopter TNI, maka ia sering melihatnya. Karena inilah membuatnya berkeinginan suatu saat nanti akan menciptkan pesawat buatan sendiri. Maka untuk itu ia kuliah di jurusan Teknik Sipil Unsyiah.

.

Tags
Show More
Below Article Ad

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker