NewsPolitikTeknologi

8 Sistem Belajar Online Gratis Yang Bisa Di Akses Di Rumah Rekomendasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

8 Sistem Belajar Online Gratis Yang Bisa Di Akses Di Rumah Rekomendasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

8 Sistem Belajar Online Gratis Yang Bisa Di Akses Di Rumah Rekomendasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.!!!-Menyikapi penyebaran Virus Corona yang terus menyebar hampir keseluruh pelosok daerah di Indonesia, Presiden Jokowi mengintruksikan agar sekolah di seluruh Indonesia diliburkan untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Hal ini dilakukan oleh Presiden Jokowi mengingat jumlah pasien yang terpapar virus corona atau covid-19 terus bertambah setiap harinya. Oleh karena itu, langkah yang dianggap tepat yang dilakukan oleh Presiden adalah dengan menghimbau masyarakat agar bekerja, belajar dan beribadah di rumah.

8 Sistem Belajar Online Gratis Yang Bisa Di Akses Di Rumah Rekomendasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
8 Sistem Belajar Online Gratis Yang Bisa Di Akses Di Rumah Rekomendasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

 

Berdasarkan intruksi dari presiden, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia mengambil langkah-langkah yang baik untuk menyikapi hal tersebut. Kemendikbud telah menyiapkan beberapa langkah yang dapat digunakan untuk para siswa nantinya bisa digunakan untuk belajar dirumah. Kemendikbud merekomendasikan 8 aplikasi online yang bisa diakses secara gratis. Adapun 8 Sistem online tersebut yaitu :

  1. Rumah Belajar : https://belajar.Kemdikbud.go.id

Rumah Belajar merupakan portal penyedia pembelajaran dari Kemdikbud. Sistem belajar tersebut juga tergolong praktis, karena bisa diakses kapan saja dan di mana.

2. Google G Suite For Education : https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/,

Laman ini bisa diakses siapa saja, termasuk guru dan siswa untuk bisa menlanjutkan aktifitas belajar di rumah secara online.

3. Kelas Pintar : https://kelaspintar.id.

Kelas Pintar merupakan aplikasi untuk belajar yang telah dilengkapi dengan kurikulum 2013 Revisi Januari 2017. Sistem pembelajaran tersebut dapat digunakan oleh guru dan juga siswa dengan tiga pendekatan yakni Belajar, Praktik, dan Tes.

 

4. Microsoft Office 365 : https://microsoft.com/id-id/education/products/office.

Microsoft Office 365 juga merupakan salah satu yang bisa di akses untuk belajar di rumah. Laman ini bisa membuat para siswa yang sedang libur belajar dengan online dan juga bisa di akses secara gratis.

 

5. Quipper School : https://quipper.com/id/school/teachers/.

Quipper School bisa di akses secara gratis. Para guru tetap dapat mengelola dan memonitor perkembangan belajar siswa melalui Quipper School walaupun siswa belajar dirumah.

 

6. Sekolah Online Ruang Guru Gratis : https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e.

Ruangguru merupakan salah satu aplikasi belajar secara online terbesar di Asia Tenggara. Saat ini, Ruangguru menyediakan akses gratis bagi siswa dan guru. Program tersebut dapat diakes selama satu bulan mulai 16 Maret 2020. Selain melalui Playstore, juga bisa di buka melalui laman di atas secara gratis.

7. Sekolahmu : https://www.sekolah.mu/tanpabatas

Sekolahmu menyediakan kelas-kelas dari dari pra-sekolah sampai SMA, yang dapat diakses secara online dan gratis. Sekolahmu juga dapat digunakan oleh para guru serta orang tua siswa.

 

8. Zenius : https://zenius.net/belajar-mandiri

Bagi siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), belajar tetap dapat dilakukan melalui sistem pembelajaran online bernama Zenius.

 

inilah 8 Sistem Belajar Online Gratis Yang Bisa Di Akses Di Rumah Rekomendasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan dalam Menyikapi penyebaran Virus Corona yang terus menyebar hampir keseluruh pelosok daerah di Indonesia. Semoga 8 Sistem online ini bisa bermanfaat untuk kita khususnya para siswa dan guru.

Tags
Show More
Below Article Ad

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker